Auto Bild Indonesia
Senin, 12 November 2012

Peugeot 408, Keluarga 9 Detik

By : Susanto Ari P





Sebelumnya kami telah mencoba performa kupe Peugeot RCZ, Medium Hatchback 308, dan Big Sedan 508. Walaupun model­nya berbeda, ketiganya dileng­­kapi mesin serupa. Ada­l­ah unit 1.598 cc 4-silin­der bertenaga 156 dk dan tor­si 240 Nm yang dijadikan andalan.

Memang unitnya kecil. Tapi aplikasi Twin Scroll Turbocharger dengan intercooler efektif menjaga performa di rentang terbaik. Tadinya kami khawatir mesin ini akan kesulitan menghela tubuh besar 508. Tapi faktanya, figur aksele­rasi 0-100 km/jam dapat dituntaskan oleh 508 hanya dalam waktu 9,92 detik.

Makanya, rasa percaya diri timbul ketika mencoba 408 yang lebih kompak. Terbukti, figur akselerasi 0-100 km/jam tuntas hanya dalam waktu 9,36 detik. Itupun dengan entakan kuat khas mesin turbo yang memacu adrenalin. Sebagai tambahan, 308 mencatat waktu 9,30 detik dan RCZ 9,18 detik untuk akselerasi serupa.

Sedikit catatan kami berikan pada respons transmisi otomatis 6-speed milik 408. Sempat terjadi jeda ketika perpindahan gigi. Cukup mengganggu, terutama saat stop and go. Meski saat pe­dal gas diinjak habis, perpindahan gigi bisa berlangsung lebih sigap.

Butuh waktu untuk beradaptasi dengan karakter transmisinya. Tak heran jika konsumsi BBM dalam kota 408 hanya 8,4 km/liter. Sementara untuk rute tol ia mencetak angka 16,8 km/liter. Sedikit di bawah 508 yang mencetak angka dalam kota 8,6 km/liter dan tol 17,2 km/liter.



Desain dasbor kurang mewah, namun menunjukkan jatidiri Peugeot yang up-to-date
Memadai, namun bukan yang terbaik dalam hal akomodasi

Yang menarik, transmisi 408 sanggup memberikan efek engine brake ketika down­­shift. Terdapat pula pilih­an Sport dan Snow. Ma­­sih kurang, pindahkan tuas ke manual dan silakan pin­­dah­kan gigi sesuai keinginan.

Pengendalian 408 termasuk menggembirakan. Memang bobot setir saat diputar cukup lumayan. Namun justru membantu memberikan feeling ketika mengemudi cepat. Ia cukup lincah mengikuti kemauan pengemudi. Ditambah res-pons mesin turbo, merupakan sebuah kenikmatan tersendiri memacunya.

Semua diimbangi de­ngan desain luar modern dan di­namis. Deretan lampu depan tampak serasi de­ngan logo baru Peugeot yang besar. Di bawahnya, desain foglamp apik bersanding dengan bumper dilengkapi saluran udara besar.

Pelek alloy 17 inci yang memikat menghiasi sisi samping. Ke belakang, nuan­sa Peugeot lama masih terasa. Meski desain ducktail dan cluster lampu mo­dern lumayan mengaburkannya. Sedikit catatan adalah bentuk bahu yang menukik ke depan. Kurang pas saat dilihat dari belakang.




Beragam konfigurasi disediakan oleh On-board Computer
Pilihan mode Sport meningkatkan nilai fun to drive

Meski tampak kurang mewah, sajian suara audio 408 cukup baik

Ke dalam, nuansa dasbor terlihat sporty lengkap dengan panel instrumen berlatar putih dan diberi lis krom. Namun, kami meli­hat tampilan dasbornya terlalu sederhana untuk sebuah Medium Sedan.

Balutan jok kulit hitam menguatkan impresi mobil mewah. Kabin belakang cukup lega dan keberadaan kisi AC membantu menyejukkan penumpang.

Sedikit catatan, kami me­rasa posisi pedal gas dan rem 408 terlalu ke kiri. Setelah ditelisik, keduanya harus mengalah pada bentuk ruang sepatbor yang menginvasi kolong dasbor. Efeknya, kaki terasa kurang nyaman ketika menginjak pedal rem karena harus terlalu banyak memutar engkel kaki ke kiri.

Apresiasi layak kita berikan pada Peugeot. Perlahan, Singa Prancis ini mulai mengikuti tren global. Bahkan melakukan langkah cerdik dengan menggunakan satu mesin untuk beragam model mobil. Dan faktanya, sanggup menyajikan performa sesuai kebutuhan segmennya.



Mesin turbo dengan performa ganas
Posisi pedal agak ke kiri dan sedikit mengganggu pergerakan kaki


 Peugeot 408 1.6 Turbo A/T 
 Harga  Rp 389,5 juta (off-the-road)
 Mesin/kapasitas  4 inline/1.598 cc
 Tenaga maksimum  156 dk/5.800 rpm
 Torsi maksimum  240 Nm/1.400 rpm
 Transmisi  6-spd auto/fwd
 P x L x T  4.682 x 1.815 x 1.525 mm
 Wheelbase  2.710 mm
 Kapasitas tangki/bagasi/ban serep  72 l/1.581 l/full size
 Ground clearance  N/A
 Ukuran ban  225/45 R17
 Bobot
 1.485 kg
 PERFORMA 
 0-100 km/jam  9,36 detik*
 0-60 km/jam  4,19 detik*
 60-80 km/jam  2,31 detik*
 80-100 km/jam  2,81 detik*
 100-120 km/jam  3,67 detik*
 100 km/jam  2.300 rpm
 Pengereman (100-0 km/jam)  46,48 meter
 * = kickdown 
 FITUR 
 Airbags/ABS/EBD/BA  6/ada/ada/ada
 Kontrol traksi/ESP  Ada/ada
 AC climate control/dual zone/double blower  Ada/ada/ada
 CD/MP3/DVD player/cup holder  Ada/ada/tidak/ada
 Monitor/USB/Aux-In  Tidak/ada/ada
 Tombol audio setir/cruise control  Ada/ada
 MID/voice command  Ada/tidak
 Jok elektrik/heater/ECO Mode  Ada/tidak/tidak
 Launch control/suspension control  Tidak/tidak
 Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer  Tidak/ada/tidak/ada
 Setir adjustable reach/rake  Ada/ada
 Headlamp projector/auto levelling/HID  Ada/ada/tidak
 Spion/pelipat elektrik/foglamp  Ada/ada/ada
 Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu  Tidak/ada/ada/ada
 Auto door-lock/sunroof/pelek alloy  Ada/tidak/ada

 RIVAL
 Ford Focus Sedan Titanium 2.0 AT

Mesin: 1.999 cc 4 silinder, 170 dk
0-100 km/jam: 10,21 detik
Harga: Rp 369 juta

+ Fitur berlimpah, harga, desain luar-dalam, lebih fun to drive
-  Bangku belakang kurang lega, performa mesin






 FIRST OPINION
Selamat datang di keluarga 9 detik Peugeot. Apapun modelnya, semua menawarkan performa mesin menggairahkan yang diimbangi handling pas. Pun dengan tetap menjaga kenyamanan di level optimal. Tinggal Anda memilih mana yang sesuai kebutuhan.

SEKILAS PANDANG
- Masih terdapat pilihan model 2.000 cc non turbo seharga Rp 317 juta off-the-road
- Termasuk Peugeot Maintenance Package berupa free service and part selama 5 tahun atau 60.000 km





 


















248/34-35(24Okt-6Nov12)




Share: | |