Rabu, 21 Juli 2010

Real Compact Car: The Beginning

 Kebutuhan komuter di perkotaan menuntut kendaraan kompak, irit bbm, namun tetap mengasyikkan dikendarai. Jenis yang mampu memenuhi tuntutan ini adalah hatchback mungil yang tampil dalam sosok Suzuki Splash, Hyundai i10, dan Daihatsu Sirion. Dari sisi dimensi dan harga, ketiganya saling berdekatan, meski masing-masing memiliki mesin dengan kapasitas berbeda. Manakah yang paling cocok sebagai penjelajah kota modern saat ini?

Berbicara sepuluh tahun lalu, masyarakat perkotaan mulai diperkenalkan spiesis baru bernama city car.  Dimensi kompak dan mesin 1.000 cc menjadi patokan produsen mobil saat itu. Contoh mobil yang masuk kategori ini antara lain Suzuki Karimun, Hyundai Atoz, dan Kia Visto.

Dalam perkembangannya, konsep mobil kompak dengan mesin hemat bbm tetap dipertahankan hingga saat ini. Namun tuntutan terhadap peningkatan perfoma, membuat mulai dihadirkannya unsur fun to drive  pada mobil yang digunakan sehari-hari ini.

Salah satu cara adalah menaikkan kapasitas mesin. Seperti yang dilakukan Hyundai dengan menggunakan mesin 1.100 cc pada i10. Meski juga menaikkan kapasitas mesin, pendekatan berbeda dilakukan oleh Daihatsu. Teknologi VVT-i yang digunakannya membuat dapur pacu pabrikan berlogo D ini mampu menghasilkan konsumsi bbm efisien dengan kapasitas 1.300 cc pada Sirion.

Suzuki mencoba memperkenalkan tren dunia di Tanah Air dengan menghadirkan Splash bermesin 1.200 cc. Inilah kapasitas mesin yang diklaim memiliki perbandingan ideal antara efisiensi bbm dan performa untuk mendukung mobilitas masyarakat modern.

Lebih menarik lagi karena ketiga hatchback  ini memiliki harga dengan rentang berdekatan. Hyundai i10 ditawarkan dengan Rp 140 juta, sedangkan Suzuki Splash dihargai Rp 145 juta, dan Daihatsu Sirion Rp 158,3 juta. Dengan pendekatan berbeda, setiap merek menawarkan kelebihan, sehingga konsumen perlu pintar dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk mencari jawabannya kami mempertemukan i10, Splash dan Sirion dalam Tes Jalan ini. Manakah paket paling menarik sebagai pendukung mobilitas di perkotaan?

Mobil dites
Suzuki Splash GL
1.197 cc/85 dk................Rp 145 juta

Hyundai i10 GLS
1.086 cc/66 dk................Rp 133,8 juta

Daihatsu Sirion D
1.298 cc/92 dk................Rp 158,3 juta


Share: | |