Auto Bild Indonesia
Senin, 28 Juni 2010

Hyundai Getz

By : Sasmita Pribadi

Hyundai Getz banyak disuka karena bodinya yang kompak dan modis. Ditambah mesin Hyundai yang terbukti andal sejak era Hyundai Accent pada pertengahan 1990-an. Mesin baru ini berkapasitas 1.399 cc 4 silinder dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 dk.

Getz menawarkan beragam fitur kepraktisan, seperti banyak ruang penyimpanan, gantungan barang di balik bangku depan, spion elektrik, power window  dan mekanisme pelipatan bangku belakang untuk memperbesar kapasitas bagasi. Plus, pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Seiring berdatangannya rival kuat seperti Honda Jazz, Toyota Yaris dan Suzuki Swift, harga Getz pun turun drastis. Beragam upaya Hyundai untuk menarik peminat kurang membuahkan hasil. Hyundai berusaha bangkit kembali dengan menampilkan wajah baru Getz versi 4 pintu dan 2 pintu di 2007. Produk ini boleh dibilang merupakan akhir generasi Getz, sebelum dilanjutkan Hyundai i20 tahun 2009.

History
Saat pertama kali diluncurkan Juli 2003, Getz masih didatangkan secara utuh langsung dari Korea. Ada dua varian yang tersedia: standar dan limited edition.  Setahun kemudian, Compact Hatchback  ini mulai dirakit di Tanah Air.

Versi CKD ini nyaris tidak ubahan, kecuali penambahan speaker  di sistem audionya dari 2 menjadi 4 buah speaker. Ubahan wajah baru dilakukan 2 tahun kemudian. Itu pun amat sedikit, seperti head unit double  DIN, body kit,  dan pelek alloy  15 inci.

Getz kembali mengalami facelift  di 2007. Kali ini langkah Hyundai lebih berani dengan menawarkaan dua model: 4 pintu dan 2 pintu. Tampilan eksteriornya pun lebih modis dengan lampu depan multireflektor, pelek 15 inci, rem cakram dengan ABS di keempat roda, sunroof,  sensor parkir, hingga on-board computer.  Tak ketinggalan head unit double  DIN, cargo net,  serta spion elektrik.

Hyundai sepertinya mau habis-habisan di generasi ini. Di samping terus menambah jaringan bengkel, Hyundai juga melakukan buy back garante  dan jaringan userd car.  Image Korea agaknya menjadi kendala Getz, di luar teknologi mesinnya yang masih kalah dibanding rival-rivalnya.

Checklist
• Mesin
Memasuki usia 3 tahunan, mestinya kondisi mesin masih bagus jika dirawat secara teratur. Apalagi dapur pacu Getz termasuk andal dan masih garansi. Tapi, tidak ada salahnya, pastikan suara mesin masih lembut dan asap kanlpotnya masih bersih.

• Transmisi
Cek kondisi transmisi matik, masukkan tongkat presneling dari ‘P’ ke ‘D’ saat mesin hidup. Apakah entakannya masih kuat atau tidak. Jika ada entakan cukup kuat, pertanda transmisinya perlu perbaikan dan butuh lumayan besar.

• Lampu indikator
Pastikan lampu indikator saat kunci diputar ke ‘on’,  semua perangkat fitur menyala. Jika saat mesin sudah dihidupkan semua lampu indikator mati.

• Bodi
Pastikan cat kendaraan masih orisinal. Lihat cat di  balik hendel pintu atau pinggiran mesin masih rapi dan asli.

• Bekas modifikasi
Pecinta Getz umumnya anak muda. Anak muda umumnya doyan modifikasi baik audio maupun bodi. Jadi, pastikan bagian interior dan kaki-kaki masih orisinal.

• Dokumen
Pastikan nomor mesin dan bodi sesuai dengan nomor yang tertera di BPKB dan STNK. Jika belum yakin, tak ada salahnya menceknya ke Samsat. 

Berapa biaya yang dikeluarkan?
Hyundai Getz M/T
2007
Rp  95 juta
A/T
2007
Rp 100 juta
M/T
2008
Rp 105 juta
A/T
2008
Rp 110 juta     
2 pintu M/T
2008
Rp 110 juta
A/T
2008
Rp 115 juta

Yang penting perawatan rutin
Pada dasarnya, Hyundai Getz merupakan kendaraan yang tidak rewel. Hal ini bisa dilihat dari tidak adanya keluhan khusus dari pemiliknya. “Keluhannya sama seperti mobil-mobil lain pada umumnya. Seperti mengganti fast moving  atau part  lain yang memang sudah waktunya diganti,” ujar Apau, pengelola Advance Motor Sport di kawasan Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Getz, apalagi keluaran di atas 2007, menurut mekanik yang sudah malang melintang puluhan tahun itu, mesinnya cukup andal sama seperti Accent. Mesin ini bandel dan lumayan hemat bahan bakar.

Bagian kaki-kaki Getz tidak memiliki kelemahan berarti dan jarang ada keluhan dari pemiliknya. “Kualitas interiornya juga cukup bagus,” tegas Apau. Namun, jika mendapatkan perawatan rutin dari mekanik profesional, Getz akan enak diajak jalan-jalan dan nyaman. “Intinya adalah perawatan yang benar,” kelakarnya. Jadi usahakan mencari Getz yang memiliki sejarah perawatan lengkap.


Share: | |